Tanda-Tanda Keguguran yang Dialami oleh Ibu Hamil

Bagi Anda yang sedang hamil muda, waspadalah terhadap keguguran. Keguguran dalam Anda alami ketika usia kehamilan Anda belum berusia 20 minggu. Keguguran yang dikenal sebagao abortus di dunia medis ini memiliki tanda-tanda khusus ketika proses keguguran berlangsung. Rasa nyeri dan pendarahan merupakan tanda-tanda keguguran yang utama dan dialami oleh mereka yang mengalami keguguran. Meskipun rasa nyeri dan pendarahan merupakan tanda utama keguguran, proses tersebut tidak serta merta membuat janin yang Anda kandung berhenti bernapas. Janin yang Anda kandung dapat bertahan dari ancaman keguguran jika berada pada kondisi tertentu. Keguguran sendiri dapat terjadi akibat adanya beberapa sebab. Penyebab yang berasal dari janin merupakan penyebab utama mengapa seseorang dapat mengalami keguguran. Gangguan genetic yang dialami oleh janin menjadi penyebab utama mengapa seseorang dapat mengalami keguguran dan menyebabkan kematian bagi janin yang dikandung.

Tanda-Tanda Keguguran yang Banyak Ditemukan pada Ibu Hamil

Informasi akan tanda-tanda keguguran penting untuk Anda ketahui, khususnya bagi Anda yang sedang mengalami hamil muda. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mereka yang berada pada hamil muda memiliki resiko keguguran yang besar jika dibandingkan dengan mereka yang sedang mengalami hamil tua. Agar Anda terhindar dari resiko keguguran, simak penjelasan mengenai tanda-tanda keguguran di bawah ini:

  • Merasakan rasa nyeri perut di bagian bawah

Rasa nyeri yang terasa di bagian perut bagian bawah merupakan salah satu tanda-tanda keguguran yang banyak dijumpai. Selain perut bagian bawah, punggung bagian belakang dan panggul merupakan bagian tubuh lainnya yang terasa sakit ketika keguguran. Rasa nyeri dan sakit tersebut kadang sulit untuk Anda bedakan ketika mengalami awal kehamilan akibat terjadinya perluasan pada rahim.Tanda Keguguran ibu hamil

  • Terjadinya pendarahan jalan lahir

Pendarahan merupakan tanpa paling umum ketika seseorang mengalami keguguran. Pendarahan yang terjadi di jalan lahir bahkan dialami oleh 10 ribu ibu hamil yang mengalami keguguran. Mereka yang mengalami keguguran, memiliki kesempatan untuk mempertahankan janin yang dikandung ketika memperoleh penanganan medis dengan segera. Jika Anda mengalami pendarahan ketika hamil, Anda sebaiknya mengantisipasi kejadian tersebut dengan memeriksakan langsung kepada dokter kandungan Anda.

  • Perubahan gejala kehamilan

Tanda-tanda keguguran yang lain adalah hilangnya gejala kehamilan. Perubahan gejala kehamilan merupakan tanda-tanda keguguran yang umum ditemukan. Jika Anda menemukan perubahan gejala kehamilan yang drastis, Anda harus mewaspadai hal tersebut. Perubahan tersebut dapat terjadi akibat hormone kehamilan yang menurun.

  • Gerakan bayi yang menurun
  • Keluarnya jaringan melalui vagina

Darah bukan satu-satunya cairan yang keluar dari vagina dan menjadi tanda dari keguguran. Jaringan yang keluar dari vagina menjadi tanda keguguran lainnya yang dialami oleh wanita hamil.

Penyebab Keguguran pada Ibu Hamil

Kondisi janin atau hal-hal yang berkaitan dengan janin menjadi penyebab yang paling umum ditemukan pada ibu hamil. Janin yang mengalami kelainan genetic akan membuat perkembangan dari janin itu sendiri mengalami kelainan sehingga tidak mampu bertaham dan tumbuh dengan baik. Genetik dari sang ibu bukan menjadi penyebab dari kelainan yang dialami oleh janin melainkan genetic yang dimiliki oleh janin itu sendiri. Infeksi yang terjadi pada janin menjadi penyebab lainnya mengapa janin tersebut gugur di dalam kandungan. Berikut ini merupakan penyebab lainnya yang membuat ibu hamil mengalami keguguran:

  • Mengalami paparan radiasi
  • Ibu hamil mengandung pada usia tua
  • Ibu hamil merupakan perokok aktif dan mampu merokok 10 batang rokok setiap harinya
  • Trauma fisik yang dialami oleh rahim
Tanda-Tanda Keguguran yang Dialami oleh Ibu Hamil | Hamadouche | 4.5