Tanda Mau Melahirkan yang Biasanya Terjadi Pada Ibu Hamil

Masa kehamilan biasanya membutuhkan waktu 9 bulan lebih dalam beberapa hari. Namun mungkin saja waktu tersebut lebih ataupun kurang. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui tentang tanda-tanda mau melahirkan. Sehingga anda dapat mempersiapkan keberangkatan ke rumah sakit atau dokter. Lalu, apa sajakah tanda-tanda tersebut? berikut ulasan lengkapnya untuk anda.

Beberapa Tanda Akan Melahirkan Dalam Waktu Dekat

Mengetahui beberapa tanda akan melahirkan, adalah hal yang penting. Karena dengan mengetahuinya anda dapat bersegera untuk mendatangi dokter atau menghubungi kerabat terdekat. Apa sajakah tanda tersebut? berikut informasinya.

1. Gejala Akan Melahirkan: Terasa Nyeri Pada Selangkangan

Hal ini terjadi karena, adanya teknanan dari kepala janin yang mendesak keluar. Dan biasanya terjadi pada bagian daerah rangka tulang pelvis. Dan selain itu, karena janin yang menekan kantung kemih, ibu akan merasakan keinginan buang air kecil berlebihan. Selain itu, anda juga akan sering merasakan sakit perut, mulas dan keinginan buang air besar.

2. Air Ketuban Pecah

Proses yang paling sering terjadi dalam tanda-tanda akan melahirkan anak laki-laki atau perempuan pertama adalah pecahnya air ketuban. Air ketuban adalah cairan yang melindungi bayi selama janin dalam rahim ibu. Dan jika hal ini sudah terjadi, mengartikan bahwa proses persalinan akan segera terjadi dalam waktu dekat.

3. Perut Semakin Keras dan Kaku

Menunggu persalinan anak pertama adalah hal yang mendebarkan dan memerlukan banyak perhatian. Salah satu tanda-tanda mau melahirkan bayi perempuan pada pertama kali adalah perut yang keras dan kaku. Karena bayi mulai mencari posisi-posisi untuk berada di jalan rahim. Sehingga bayi akan keluar dengan mudah dan dalam waktu yang cepat.Tanda Mau Melahirkan pada ibu hamil

4. Nyeri Punggung yang Parah: Tanda Akan Melahirkan Normal

Usia kehamilan yang sudah mencapai waktu 9 bulan, akan membuat ibu hamil mengalami nyeri punggung. Namun, anda harus mengetahui bahwa nyeri punggung yang dialami berbeda dengan nyeri saat kehamilan. Hal ini terjadi karena mendekati waktu persalinan, otot-otot dan sendi mengalami peregangan dan bergerak geser sebagai persiapan untuk persalinan.

5. Kesulitan Tidur

Ketika anda sudah akan dekat pada proses persalinan, banyak ibu yang akan merasakan kesulitan tidur. Hal ini terjadi karena adanya kekhawatiran apa yang akan terjadi pada saat proses persalinan. Namun ada juga yang menjadi alasan, yaitu karena kontraksi ringan yang terjadi sebelum persalinan. Untuk amannya, jika merasakan hal ini, sebaiknya anda sudah berada di rumah sakit. Sehingga akan segera mendapatkan pertolongan jika bayi tiba-tiba lahir.

6. Munculnya Bercak

Bila pada masa mulai mendekati waktu persalinan, ada baiknya sering-sering melakukan pengecekan pada pakaian dalam. Karena, biasanya ciri-ciri mau melahirkan 2 minggu lagi, akan muncul bercak di dalamnya. Bercak ini biasanya berwarna coklat kemerahan. Jika flek atau bercak ini sudah muncul, maka anda harus bersiap-siap. Karena menandakan waktu persalinan sudah dekat.

7. Perasaan Perut yang Lebih Ringan

Jika hal ini sudah terasa, hal ini menandakan bahwa proses persalinan tidak akan lama lagi. Hal ini terjadi karena si bayi sudah turun dan menetap pada area panggul si ibu dan siap untuk melanjutkan ke jalan rahim. Baca juga artikel kami lainnya: Cara Memandikan Anak Dengan Baik Dan Benar

Tujuh ciri-ciri di atas, dapat menjadi referensi anda untuk mengetahui sudah dekatkah waktu persalinan. Namun, jika anda tidak merasakan semua hal tersebut, ada baiknya untuk menghubungi dokter anda dan tanyakan waktu persalinan akan terjadi. Sehingga anda dapat mempersiapkan segala sesuatunya.

Tanda Mau Melahirkan yang Biasanya Terjadi Pada Ibu Hamil | Hamadouche | 4.5