Tahap-Tahap Perkembangan Janin Yang Harus Diperhatikan

Semua orang tua menginginkan bayi mereka tumbuh sehat, baik masih dalam kandungan hingga dilahirkan. Oleh karena itu, khususnya ibu harus mengetahui tentang sesuatu yang baik dikonsumsi atau pantangan dalam makan dan minum ketika masih mengandung supaya perkembangan janin tidak mengalami gangguan. Berikut ini, kami memberikan informasi mengenai tahap perkembangan janin dari minggu ke minggu untuk menambah pengetahuan.

Tahapan Perkembangan Janin Dari Minggu ke Minggu

Pengetahuan tentang pertumbuhan janin harus diketahui ibu hamil, hal tersebut berguna untuk mengetahui perkembangan bayi didalam kandungan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pemantauan dengan melakukan USG pada masa kehamilan. Nah, biasanya besar janin 1 minggu belum diketahui karena masa ini proses sel sperma membuahi sel telur sehingga anda belum menyadari kehamilan. Berikut adalah tahap tumbuh kembang janin yang harus diketahui:

Janin 1-4 minggu

Usia kehamilan mencapai 4 minggu, embrio telah tumbuh sebesar biji kacang hijau atau seperti setitik gumpalan darah jika dilakukan pemeriksaan USG. Selain itu, organ yang telah terbentuk adalah plasenta, otak, tulang punggung dan belakang.

Janin 5-8 minggu

Pada usia 5 minggu, wanita hamil dapat mengetahui kehamilannya tanpa harus melakukan pemeriksaan yaitu menggunakan tes pack. Perkembangan embrio bertambah dari seukuran kecebong hingga mencapai berat 2 gram dan organ lain mulai jelas terlihat.perkembangan janin tiap minggu

Janin 9-12 minggu

Kehamilan usia 9 minggu, embrio 4 gram hingga usia mencapai 12 minggu maka beratnya 14 gram. Bulan kedua, janin akan menggeliat dan dapat dilihat melalui USG, janin dapat meringkuk, menutup jari-jari tangannya serta sel-sel berfungsi dengan baik.

Janin 13-16 minggu

Perkembangan bayi dalam kandungan 4 bulan ini dapat merespon saat ibu mengusap perutnya dan organ yang terbentuk merupakan system peredaran darah dan saluran kemih. Selain itu, pada usianya ini janin mulai memiliki nyawa dan jenis kelamin.

Janin 17-20 minggu

Pada perkembangan yang telah mencapai usia 5 bulan maka perut ibu akan semakin membesar karena janin sudah tumbuh dengan berat hingga 290 gram pada usia 20 minggu. Usia ini pula system pencernaan yang terbentuk akan lebih baik dari sebelumnya sehingga ibu mudah merasa lapar dan sebaiknya mengonsumsi makanan kaya zat besi.

Janin 21-24 minggu

Janin yang berkembang baik akan mengalami perkembangan seperti alis mata dan kelopak mata terbentuk sempurna sehingga bayi dapat berkedip. Tidak hanya itu saja, usia 24 minggu otak dan paru-paru berkembang pesat serta untuk merenggangkan tangannya, janin sering menendang.

Janin 25-28 minggu

Perkembangan seperti otak bayi yang peka terhadap sentuhan sehingga akan melakukan tanggapan jika ibu mengajaknya berkomunikasi. Selain itu, indera yang lebih sempurna hingga lapisan lemak terbentuk dengan sempurna pada usia kandungan 7 bulan.

Janin 29-32 minggu

Keaktifan pada masa-masa ini akan lebih terlihat dengan berat mencapai 1,7 kg. jika bayi laki-laki maka perkembangan organ seperti buah zakar turun dari perut menuju skrotum sedangkan perempuan labianya berkembang sedikit demi sedikit.

Janin 33-40 minggu

Usia yang memasuki 9 bulan merupakan masa yang ditunggu karena bayi akan segera lahir sehingga bayi sudah mendekati panggul dengan semua organ yang sempurna. Perkembangan janin dalam kandungan selama 9 bulan memang sangatlah berat dan diperlukan perjuangan ekstra.

Nutrisi dan makanan sehat sangatlah penting bagi perkembangan janin karena janin membutuhkan asupan gizi untuk mendukung tumbuh kembangnya didalam rahim ibunya. Gambar perkembangan janin dapat anda lihat melalui pemeriksaan USG secara rutin.

Tahap-Tahap Perkembangan Janin Yang Harus Diperhatikan | Hamadouche | 4.5