Siklus Kehamilan Yang Penting Untuk Diketahui

Semua wanita pastinya mendambakan buah hati setelah menikah tanpa terkecuali, namun tidak semuanya bisa mendapatkan anak dalam waktu singkat. Banyak proses yang perlu dilakukan oleh pasangan suami istri untuk memperoleh momongan. Suatu proses dimana sel sperma dari laki-laki yang bertemu dengan sel telur dari wanita itulah yang membuat proses kehamilan setelah berhubungan berlangsung yang mana dinamakan sebagai konsepsi atau pembuahan, namun perlu anda ketahui bahwa proses tersebut juga bisa memakan waktu lama.

Mengetahui Lebih Detail Proses Kehamilan Sampai Melahirkan

Meskipun sel sperma yang masuk kedalam tubuh wanita sangatlah banyak tetapi hanya satu sperma saja yang mampu membuahi sel telur. Ovulasi merupakan proses dimana ovarium atau indung telur memproduksi sel telur yang setiap bulannya akan dilepaskan jika sudah matang dari ovarium yang dimiliki oleh wanita. Saat sel tersebut dilepaskan kemudian akan melewati saluran yang menghubungkan ovarium dengan rahim atau disebut sebagai tuba falopi yang memiliki panjang hingga 10 cm.proses kehamilan anak

Pembuahan

Pada masa dimana sperma menuju sel telur, banyak tantangan yang dilewatinya dan tidak mudah. Tantangan pertama sperma harus melewati lingkungan asam pada vagina, kedua lendir serviks. Memerlukan sperma yang sangat kuat untuk menembus lendir tersebut. Setelah itu, sperma harus berenang hingga 18 cm menuju rahim lalu ke tuba falopi supaya mencapai sel telur. Sel sperma rata-rata hanya mampu berjalan setiap 15 menit saja sepanjang 2,5 cm. setelah itu, sperma akan menembus dinding luar sel telur dan akan masuk pada intinya, apabila tidak dapat menembusnya itu merupakan salah satu penyebab gagalnya pembuahan di rahim.

Implantasi

Implantasi adalah sebuah kondisi ketika sel telur dibuahi sehingga trofoblas/jaringan yang berada disekitarnya bisa merusak pembuluh darah dalam rahim. Hal tersebut dapat mengakibatkan darah keluar dari leher rahim dan akan dikeluarkan melalui vagina. Apabila hal itu terjadi maka anda tidak perlu khawatir karena proses kehamilan dan perkembangan janin akan dimulai karena pendarahan tersebut merupakan ciri-ciri dari keberhasilan implantasi embrio. Namun banyak wanita yang mengira pendarahan itu adalah menstruasi karena tidak memiliki pengetahuan lebih dalam proses kehamilan, untuk membedakan keduanya yaitu:

Implantasi

Pendarahan ini terjadi pada 6 hingga 12 hari setelah terjadinya pembuahan dan mendekati pada waktu siklus menstruasi selanjutnya.

Menstruasi

Pendarahan terjadi apabila hubungan suami istri dilakukan 2 bulan dari waktu pendarahan tersebut.

Tes kehamilan

Pada masa implantasi, wanita mengalami sedikit pendarahan atau spotting namun hal tersebut wajar bagi sebagian wanita. Untuk mengetahui kehamilan biasanya dapat dideteksi menggunakan tes pack karena HCG/Human Chorionic Gonadotrophin sudah bisa ditemukan didalam darah. Hormone HCG tersebut diproduksi oleh beberapa sel yang membentuk plasenta dan dibutuhkan kadar HCG tinggi pada waktu 3 hingga 4 minggu dari hari pertama menstruasi. Apabila anda ingin memastikan apakah proses kehamilan berjalan seperti apa yang diharapkan, segeralah konsultasi dokter untuk mendapatkan penguat rahim supaya tidak mengalami keguguran.

Dari proses kehamilan diatas tentu sudah terdapat gambaran bagaimana hal tersebut bisa terjadi pada pasangan. Selain itu, dalam siklus kehamilan tersebut bisa saja terjadi proses terjadinya kehamilan kembar karena pada masa pembuahan, sel telur yang dibuahi oleh sperma membentuk zygote yang membelah. Jika pembelahan terjadi sejak awal maka embrio akan memiliki kantong ketuban yang berbeda-beda sehingga tidak menimbulkan kembar siam.

Siklus Kehamilan Yang Penting Untuk Diketahui | Hamadouche | 4.5