Merawat Bayi Baru Lahir Dengan Penanganan Yang Baik Dan Benar

Lahirnya buah hati merupakan moment paling ditunggu oleh pasangan suami istri. Selain membahagiakan, ada juga rasa kekhawatiran pada proses kelahiran baik secara normal maupun caesar. Perasaan khawatir tersebut akan sirna jika keduanya dalam kondisi baik-baik saja. Nah, setelah proses persalinan selesai, bayi akan dirawat beberapa hari di rumah sakit namun ketika sudah diperbolehkan pulang tentu semua kebutuhan orang tualah yang mengatur sehingga cara memandikan bayi baru lahir sangat diperlukan bagi orang tua baru.

Tips Merawat Bayi Baru Lahir Dengan Baik

Semua orang tua pasti melakukan berbagai persiapan baik mental maupun kebutuhannya untuk menyambut kehadiran sang buah hati. Untuk itu, orang tua khususnya yang baru pertama kali ingin menyambut buah hatinya sangat membutuhkan pengetahuan tentang cara merawat bayi 0-6 bulan dan usia selanjutnya supaya saat dihadapkan langsung dengan bayinya tidak akan mengalami kecanggungan atau kebingungan dalam merawat bayi tersebut. Berikut beberapa tips dalam merawat bayi baru lahir:cara merawat bayi baru lahir

Tetap tenang dan berpikiran positif

Orang tua memiliki peranan penting dalam merawat bayinya sehingga dibutuhkan pengetahuan dalam menangani berbagai kebutuhan sang buah hati. Jika pengetahuan telah dimiliki maka orang tua tidak akan mengalami kegugupan ketika terjadi sesuatu pada buah hati. Pikiran yang tenang dan selalu positif pada seorang ibu akan sangat berpengaruh pada bayi karena ikatan mereka yang begitu kuat.

Merawat tali pusat

Tali pusat merupakan bagian paling sensitive pada bayi baru lahir karena mudah infeksi jika tidak ditangani dengan baik. Perawatan tali pusat bayi baru lahir perlu kehati-hatian ekstra seperti pada saat bayi mandi, lebih baik gunakan air matang untuk memandikan dan membasuh tali pusat. Setelah itu, segera keringkan menggunakan cotton buds atau kain kasa yang bersih. Tali pusat akan terputus dengan sendirinya dalam 1-2 minggu dari kelahirannya.

Perawatan organ tubuh bayi

Semua organ tubuh pada bayi baru lahir sangatlah sensitive sehingga perlu perhatian khusus dan kehati-hatian. Pada area mata gunakan cotton buds steril yang telah dibasahi air matang untuk membersihkan kotoran yang menempel. Kulit kepala perlu dibersihkan dari kerak atau cradle crap menggunakan baby oil dengan pemijatan secara lembut. Pada bagian telinga dan hidung dibtuhkan pembersihan jika kotoran sudah keluar saja.

Merawat Area Sensitif

Kulit bayi yang masih sangat sensitive memerlukan produk yang tidak sembarangan karena beberapa bahan memang tidak cocok bagi sebagian bayi. Pilihlah produk yang sudah dijamin mampu melindungi kulit bayi anda. Selain itu, penggunaannya juga perlu diperhatikan seperti minyak rambut, bedak, lotion dan lainnya. Dalam melakukan cara merawat bayi perempuan, pemakaian bedak dilarang digunakan di organ kelamin karena berbahaya.

Air susu ibu

Ibu menyusui memerlukan nutrisi dan gizi yang mencukupi karena dengan begitu ASI yang diproduksinya akan memberikan kesehatan bagi buah hati sehingga tidak mudah terserang penyakit. Hal tersebut menjadikan cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk dan sehat. ASI merupakan makanan pokok bagi bayi baru lahir karena belum dapat mengonsumsi apapun. Selain itu, ASI penting bagi tumbuh kembang dan otak bayi.

Dari beberapa tips untuk merawat bayi yang baru lahir diatas terbilang mudah dilakukan namun perlu anda ketahui kulit sensitive bayi membutuhkan segala sesuatu yang steril seperti pakaian yang dikenakan atau segala sesuatu yang bersentuhan langsung dengannya sehingga cucilah tangan sebelum menyentuh bayi agar kuman tidak mengganggu buah hati anda.

Merawat Bayi Baru Lahir Dengan Penanganan Yang Baik Dan Benar | Hamadouche | 4.5