Kondisi Ibu Hamil Trimester 1 hingga Trimester 3

Hamil menjadi saat-saat menyenangkan bagi semua wanita. Tetapi dalam masa kehamilan tak sedikit ibu mengeluhkan masalah ketidaknyamanan. Hal ini wajar terjadi karena adanya perubahan hormon pada ibu hamil. Biaanya ibu hamil menyadari telah mengandung ketika baru masuk bulan kedua. Karena pada waktu tersebut berbagai gejala muncul berbeda dibanding saat sebelum hamil.

Berikut Gambaran Kondisi Ibu Hamil Dari Bulan Pertama Hingga Akhir Yang Perlu Diketahui

1. Kondisi Ibu Hamil Trimester 1

Saat bulan pertama, tubuh ibu hamil biasanya lebih mudah lelah serta kondisi emosi tidak stabil. Para ibu juga sering mengalami morning sickness (mual dan muntah), perubahan berat badan dan selera makan tanpa disadari. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon pada ibu hamil. Bentuk perut belum nampak adanya pembesaran saat bulan pertama ini.

Ketika menginjak bulan kedua, biasanya kehamilan dapat diketahui lewat tes urine (test pack). Mulai sering buang air kecil karena uterus semakin membesar. Payudara mengalami nyeri serta pembuluh darah di payudara sedikit berbayang. Sebaiknya para ibu agar memperbanyak makan buah dan minum air putih agar terhindar dari dehidrasi.

Pada bulan ketiga, perubahan bentuk tubuh mulai terlihat seperti perut serta payudara semakin membesar. Nafsu makan juga meningkat dan berat badan cenderung cepat naik diikuti dengan semakin berkurangnya gejala morning sickness. Apabila ibu mengalami insomnia atau kecemasan saat hamil, sebaiknya konsumsi susu hangat saat malam hari agar pikiran menjadi rileks.kondisi saat ibu hamil

2. Kondisi Ibu Hamil Trimester 2

Menginjak bulan keempat, biasanya perubahan terjadi dengan munculnya garis gelap (linea) di sekitar perut karena kulit yang merenggang. Tak sedikit yang merasakan sakit kepala akibat stress atau volume darah semakin bertambah. Kondisi ini sangat wajar terjadi mengingat bentuk perut yang semakin membesar.

Pada bulan kelima, ibu hamil memiliki emosi yang lebih stabil dari bulan sebelumnya. Selain itu para ibu juga banyak mengeluhkan lebih gampang lelah, pegal, sakit punggung, linu di bagian otot dan dada sakit saat hamil. Lebih sering pusing ketika bangun dari posisi duduk dan sering mengeluh sakit di bagian perut bawah.

Saat bulan keenam, lambung terasa lebih hangat karena desakan rahim yang semakin membesar. Kaki sering merasa kram dan bengkak disebabkan aliran darah yang tidak lancar. Untuk menangani kondisi tersebut, sebaiknya para ibu menggunakan baju hamil yang longgar serta tidak sesak dan nyaman digunakan. Cobalah melakukan senam hamil untuk persiapan persalinan.

3. Kondisi Ibu Hamil Trimester 3

Pada bulan ketujuh, terkadang para ibu hamil merasakan kontraksi dan perut merasa kaku. Nafas menjadi lebih pendek serta terasa nyeri di bagian pinggang, tulang belakang. Ibu akan sering berkeringat dan gerah karena beban kandungan yang semakin besar. Tak sedikit bagian tangan juga mulai membengkak.

Ibu akan mengalami kondisi susah tidur saat hamil trimester 3 karena bayi semakin aktif pergerakannya di dalam rahim. Beberapa ada yang merasa sering sembelit disebabkan gangguan pencernaan. Sebaiknya hindari perubahan suhu ekstrim (terlalu panas atau terlalu dingin) karena keadaan pembuluh darah lebih peka.

Saat menginjak bulan akhir, biasanya ibu mengalami keputihan tanda persalinan sudah dekat. Kecemasan juga semakin bertambah dan semakin sulit tidur. Ibu akan merasa sering kontraksi dan buang air kecil karena kondisi bayi semakin mendesak kantung kemih. Perbanyaklah istirahat serta aktifitas jalan kaki untuk mempermudah proses persalinan. Demikianlah informasi yang kami berikan. Semoga bermanfaat.

Kondisi Ibu Hamil Trimester 1 hingga Trimester 3 | Hamadouche | 4.5