Kapan Waktu Terbaik USG Bagi Ibu Hamil?

Melakukan USG (Ultrasonografi) saat hamil memang perlu dilakukan sesuai kebutuhan. Tujuannya untuk melakukan kontrol dan pemeriksaan kondisi janin. Para dokter juga menganalisis keadaan kehamilan lewat USG. Namun sebaiknya USG juga dilakukan di waktu yang tepat, mulai dari USG kehamilan 4 minggu, 6 minggu hingga minggu akhir. Berikut akan disajikan informasi lengkapnya untuk Anda.

Waktu Terbaik USG bagi Ibu Hamil yang Wajib Anda Ketahui

1. USG Kehamilan 4 Minggu – 8 Minggu

USG penting dilakukan di masa awal kehamilan antara 4 minggu hingga 8 minggu. Pada waktu tersebut USG dilakukan untuk mengetahui kemungkinan terjadi kehamilan anggur/mola hidatidosa atau kehamilan ektopik (kehamilan luar kandungan). Cara ini dilakukan dengan mengukur Crown Lump Length (CRL).

Saat hamil muda, pastikan jika kondisi kantung kemih harus terisi (tidak boleh kosong) agar kantung gestasi beserta isinya dapat terlihat saat USG Trans-abdominal. Apabila tak terlihat, maka USG harus dilakukan dengan cara lain yakni Trans-vaginal. Jika belum terlihat lagi, maka USG diulang 2 minggu kemudian.

Saat USG kehamilan 6 minggu hingga 8 minggu, baru bisa dinyatakan normal apabila terlihat janin, terdapat detak jantung frekuensi normal, terlihat “Yolk Sac” serta tak ada pendarahan sub-korionik (pendarahan dalam lapisan plasenta). Apabila terlihat tanda-tanda tersebut, berarti Anda dinyatakan positif hamil.waktu terbaik usg bagi ibu hamil

2. USG Kehamilan 3 Bulan – 5 Bulan

USG berikut sebaiknya dilakukan saat masa kehamilan 3 bulan. Pasa usia ini dapat terlihat perkembangan janin sekaligus screening kelainan janin dalam kandungan. Kegiatan ini dilakukan untuk melihat tebal leher janin (Nuchal Translucency) dan tulang hidung. Saat tersebut juga tepat untuk mengetahui jumlah janin dalam kandungan.

USG kehamilan 5 bulan dilakukan untuk melihat keakuratan usia kehamilan. Cara ini dilakukan dengan mengukur Abdominal Circumference, Femur Length dan BPD. Di usia tersebut dilakukan deteksi kelainan jantung, otak, ginjal, hati, usus hingga kantung kemih. Jumlah jari kaki dan tangan dapat dihitung, jenis kelamin juga sudah dapat dilihat.

3. USG Kehamilan 7 Bulan

Saat usia kehamilan 7 bulan, berat janin sudah bisa terlihat, apakah terlalu kurang atau berlebih. Bentuk wajah juga sudah terbentuk serta ukuran janin relatif tergantung ukuran rahim ibu. Saat tersebut merupakan waktu yang tepat untuk melakukan USG 4D. Selain itu kelainan bibir sumbing juga dengan mudah bisa terdeteksi.

4. USG Kehamilan 9 Bulan

USG ini merupakan USG terakhir setelah USG kehamilan 7 bulan untuk melihat posisi kepala janin dan tempat plasenta. Bentuk wajah janin juga sudah menyerupai bayi yang telah lahir. Apabila telah melewati waktu 40 minggu namun bayi belum lahir, sebaiknya dilakukan USG ulang. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah kondisi janin optimal.

Pada masa kehamilan ini juga dapat dilihat apakah terjadi pengapuran plasenta, debit air ketuban hingga aliran darah di tali pusat. Beberapa keadaan tersebut dapat dijadikan penentu apakah janin dapat lahir dengan normal atau tidak. Sehingga ibu juga bisa mempersiapkan diri hal apa yang harus dilakukan berikutnya.

Cara induksi atau caesar bisa dilakukan apabila keadaan janin tidak optimal. Jadi, USG tersebut sangat penting dilakukan untuk mengetahui kondisi janin di dalam kandungan, walaupun pelaksanaannya harus dilakukan secukupnya (tidak terlalu sering). Dengan USG Anda bisa mengetahui perkiraan janin terlihat di USG usia berapa minggu. Selain itu dengan USG juga bisa mengetahui tindakan preventif yang harus dilakukan.

Kapan Waktu Terbaik USG Bagi Ibu Hamil? | Hamadouche | 4.5