Cara Ampuh Mengatasi Sesak Nafas Saat Hamil Muda

Banyak wanita hamil yang mengalami kondisi sesak nafas saat hamil muda. Gejala ini akan lebih berat dirasakan pada ibu hamil dengan bayi kembar atau yang mengalami penambahan berat badan cukup banyak. Tak sedikit juga yang menganggap bahwa sesak nafas tanda hamil. Namun selain itu penting bagi kita untuk mewaspadai dan menemukan cara untuk mengatasinya.

Sesak Nafas pada Saat Hamil dan Cara Ampuh untuk Mengatasinya

1. Sesak Nafas Saat Hamil 2 Bulan

Meskipun kebanyakan orang menyangka bahwa sesak nafas biasa terjadi di akhir masa kehamilan, namun sesak nafas saat hamil 2 bulan pun kemungkinan bisa terjadi. Hal ini disebabkan karena berlangsungnya proses adaptasi tubuh. Saat trimester pertama, hormon progesteron semakin meningkat dan dapat memicu terjadinya sesak nafas.

Fungsi hormon progesteron ini akan membuat otak terstimulasi untuk mentransfer pesan ke paru-paru agar mengambil volume udara yang lebih banyak. Jadi keadaan tersebut membuat ibu hamil lebih sering mengambil nafas dengan tarikan panjang. Sehingga tubuh akan melakukan adaptasi selama masa kehamilan untuk mendapat oksigen lebih.

2. Sesak Nafas Saat Hamil Trimester 2

Saat ibu hamil di trimester 2, biasanya gejala sesak nafas juga sering muncul. Hal ini disebabkan karena uterus (rahim) semakin mendorong otot-otot bagian bawah tulang rusuk dan mendesak paru-paru. Tetapi para ibu tak boleh cemas, karena saat menjelang persalinan posisi bayi akan bergerak ke bawah arah panggul jadi dapat bernafas lebih lega.

Kondisi sesak nafas saat hamil 6 bulan dapat diminimalisir dengan cara mengambil posisi duduk tegak dan posisi bahu sejajar. Posisi tersebut dapat membuat paru-paru menjadi banyak ruang untuk bernafas. Saat tidur di malam hari sebaiknya ibu hamil mengambil posisi menopang tubuh dengan bantal sebagai bantuan.ibu hamil sesak nafas

3. Sesak Nafas Saat Hamil 7 Bulan

Saat ibu hamil memasuki trimester akhir, rahim semakin berkembang lalu akan mendorong diafragma (otot sebelah bawah paru-paru). Kondisi ini menyebabkan diafragma naik hingga 4 centimeter dari posisi semula. Keadaan tersebut membuat ibu hamil cenderung tidak bisa mengambil oksigen yang cukup setiap kali bernafas.

Sesak nafas saat hamil 7 bulan ini akan lebih terasa berat ketika ibu hamil anak kembar. Karena secara otomatis ukuran rahim semakin besar daripada hamil normal dan berat badan juga lebih berkembang pesat. Kegiatan olahraga ringan seperti senam hamil juga dapat dilakukan untuk latihan dan kontrol nafas sehingga akan terasa lebih lega.

4. Solusi Mengatasi Sesak Nafas Saat Hamil

Ada berbagai cara untuk mengatasi permasalahan sesak nafas saat hamil 2 bulan hingga bulan akhir kehamilan. Seperti menghindari konsumsi garam berlebih karena bisa memperbesar kemungkinan retensi cairan tubuh. Sebaiknya ibu hamil memperbanyak minum air putih untuk proses detoksifikasi dan baik bagi kesehatan.

Apabila gejala sesak nafas dirasa terlalu parah, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Apalagi jika kondisi tersebut diikuti terjadinya pembengkakan, tekanan darah meningkat dan keaikan berat badan yang terlalu drastis. Karena gejala tadi bisa memungkinkan terjadinya preeklamsia (hipertensi saat hamil). Baca juga artikel kami lainnya: Tahap-Tahap Perkembangan Janin Yang Harus Diperhatikan

Sekian beberapa penyebab dan solusi sesak nafas saat hamil. Ada banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk meminimalisir gejala sesak nafas saat hamil 2 bulan hingga bulan akhir. Bagi Anda yang sedang hamil sebaiknya bisa menghindari stress, meluangkan waktu untuk merilekskan diri serta istirahat yang cukup agar kehamilan terasa menyenangkan.

Cara Ampuh Mengatasi Sesak Nafas Saat Hamil Muda | Hamadouche | 4.5